Minggu, 02 Desember 2018

Sehat tanpa Obat


Siapa sih yang tidak ngeri kalau setiap hari disuruh dokter konsumsi 15 obat bahkan lebih. Saya hanya bisa elus dada dan menangis.  Topik BPN kali ini memang pas berbagi tips hidup sehat versi pribadi. Nah kebetulan beberapa bulan yang lalu saya divonis dokter terkena asam lambung tinggi dan sudah parah. Saya hanya bisa menangis sehari saja disuruh minum obat segitu banyaknya.  Baru tersadar, 

Betapa berharganya hidup sehat. Sakit itu tidak bebas,  sakit itu tidak nyaman.  Kita tidak bisa melakukan aktivitas yang biasa kita lakukan setiap harinya. Karena ketika salah satu organ tubuh kita terserang penyakit, tubuh kita lemah dan tak ada semangat untuk beraktivitas seperti sedia kala.

Nah, sekarang alhamdulillah saya masih bisa diberi kesempatan oleh Allah untuk bisa menghirup udara segar, bersama dengan orang-orang tercinta dan melakukan aktivitas dengan penuh semangat. coba sesekali kita wisata hati ke rumah sakit. tidak ada satu pasien pun yang tak terlepas dari obat. jangan disana, ada teman saya sehari pun dia harus konsumsi obat agar tetap kuat, sehat dan berstamina. Tapi tanpa obat kita pasti bisa hidup sehat dengan alami.  Ini dia beberapa tips sehat tanpa obat versi saya :

1. Rajin olahraga. Pernah ketika saya terapi, orang yang mijat tubuh saya berkata, wah tidaka pernah olahraga ya mbak. Aliran darahny kurang lancar.  Beliau menyarankan saya agar olahraga olahraga teratur pagi dan sore walaupun 10 menit. Sedikit tapi teratur itu lebih bermanfaat daripada lama tapi jarang. Dan sekarang baru tersadar bahwa betapa pentingnya olahraga. banyak sekli manfaat dari olahraga teratur. 

2. Banyak minum air putih.  Tubuh manusia memerlukan cairan minimal 8 gelas per hari. Lagi, setelah terapi saya disarankan perbanyak minum air putih. khususnya setelah sholat lima waktu, segelas air putih harus siap disamping saya. Air putih berguna untuk menghilangkan racun dalam tubuh.

3. Istirahat teratur.  Sepertinya ini hal yang sepela bagi sebagian orang. Tapi tahukan anda tubuh kita seperti mesin yang perlu istirahat. Tubuh kita akan lemas jika terus menerus digunakan untuk bekerja. Walaupun sebagian orang minum suplemen vitamin berbentuk obat untuk memperkuat stamina. Cintailah tubuh kita ajak relaksasi dengan cara istiraha secukupnya di malam hari.

4. Makan teratur 3x sehari. Terkadang kita terlalu egois tidak memikirkan tubuh kita yang mulai terasa lapar. hingga perut lemilit. Kita sudah terlena dengan aktivitas yang ada. hingga terjadi sakit menyerang perut. maag siap. Asam lambung juga di depan pintu. oabt-obatan pun harus dikonsumsi setiap hari.

5. Tanaman Obat Keluarga.
Ketika perut mulai sakit, coba perbanyak minum air hangat. Badan mulai lemah flu dan batuk coba biasakan minum air hangat, dalam seminggu badan bisa kembali fit. Saya sendiri pernah mencoba. jangan terburu-buru minum kobat langsung. Minum air madu hangat juga bisa menghangatkan tubuh kita. Wedang jahe dan banyak lagi minuman berkhasiat dari tanaman obat keluarga.

6. Perbanyak istighfar dan doa.
Maaf, bukan maksud menggurui. Tapi kenyataanya kalau hati kita tenang karena senantiasa menyebut asma-Nya, Insha Allah hidup kita juga tenang.

7. Bebaskan pikiran.
Pernah lihat berita anak muda zaman now suka nge-fly? Ternyata penyebab utamanya karena mereka stress. Padahal usia mereka masih jauh dari problematika yang lebih serius lagi. Sehingga mereka minum obat-obatan sembarangan dan di luar dosis atau petunjuk dokter.  Efeknya pun sangat luar biasa bahayanya.

Itulah sehat tanpa obat versi saya. Orang sehat pun tak perlu minum obat agar tetap kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Long Time No Post

Maybe it is first month I write in this year. I can not post my writing routine. Just now I read some bloggers post good theme. Now, I reall...