Sabtu, 01 Desember 2018

Merawat Koleksi Buku

Buku menjadi teman terbaik sejak kecil. Dulu Ayah sering sekali membelikan majalah anak, buku mewarnai, komik, novel hingga tabloid remaja sepulang bekerja. Ternyata kebiasaan membaca itu masih ada hingga sekarang. Waktu kuliah, saya menyisakan uang saku juga untuk membeli buku penunjang kuliah dan novel. dan jika dilihat sekarang kalau dikumpulkan, betapa banyak buku koleksi saya san Ayah. Kebetulan ayah juga gemar membaca. 

Mungkin kalau disuruh pilih beli buku atau baju. Saya lebih memilih buku. Entahlah kemanapun saya pergi kalau ada buku yang bagus pasti saya beli. Setiap mau tidur selalu ada buku disamping bantal saya. Setiap perjalanan dan di dalam kendaraan pun saya membaca buku. Tak peduli orang mengatakan saya kutu buku. 

Ada beberapa buku koleksi saya, diantaranya :
1. English. Karena saya terjun di dunia pendidikan hampir buku-buku yang ada kaitannya dengan pembelajaran Bahasa Inggris wajib saya miliki. mulai dari English grammar, longman and oxford english dictionary, writing, toefl, vocabularies dan lain lain. Buku-buku tersebut saya borong dari kampung Inggris Pare Kediri ketika setiap libur semester dulu saya menimba ilmu di Pare. 

2. Motivation book. Saya suka membaca buku-buku motivasi baik tentang motivasi islami atau hal yang memberikan semangat untuk kita. Terkadang kalau ada teman yang sedang curhat, saya selalu menyodorkan buku yang sesuai dengannya. hehe. tapi itu sih tergantung dia suka baca atau tidak. Kalau pas dia suka baca saya pinjami. Tapi kalau kebetulan yang curat tidak terbiasa baca buku tebal, cuma saya ceritakan intinya.

3. Novel. Jenis karya fiksi ini mungkin tak akan pernah bosan untuk selalu saya baca. Dan jika ceritanya sangat bagus serta menginspirasi, intinya MUST HAVE IT. Tapi jujur saya tidak suka novel yang pengarangnya hanya menceritakan sisi dari keseharian remaja saat ini saja. saya pilih cerita yang unik tapi bisa diambil moral value nya.

Mungkin teman-teman sebagai blogger banyak yang mengoleksi buku. Saya akan memberikan tips untuk teman yang menoleksi buku seperti saya. Saking banyaknya buku saya, ada yang hampir tak karuan bahkan dimakan hewan. wkwkkwk.

TIPS MERAWAT KOLEKSI BUKU :

1. Meletakkan di rak buku dan menatanya denga rapi. Jangan asal-asalan meletakkan buku favorit apalagi yang mahal harganya diatas 200.000 di tumpukan kardus. yakin tidak lama lagi bakal lembab, atau dimakan rayap jika dekat kayu, atau dimakan tikus jika dekat pintu yang bawahnya menganga agak lebar.
2. Diberi kapur barus. nah, kalau rak bukunya model tertutup tanpa ada cela udara yang masuk, jangan lupa diberi kapur barus. Siapa tahu saat membaca dulu tangan kita sambil nyemil gorengan, pasti bekas di kertasnya. atau sisa meses coklat donat ada yang menempel. kapur barus mampu menolak dari bau hewan yang ingin menyantap biku kita.
3. Memberi sampul plastik. Jangan lupa diberi sampul plastik putih transparan agar buku koleksi kita tetap indah dan terawat.
4. Jangan malu untuk menagih buku kita yang dipinjam teman dan itu sudah lama tidak dikembalikan. Yang koleksi buku, pasti pernah seperti ini. hehhe. Mungkin harganya memang tak seberapa tapi isi dan cara mendapatkannnya dulu hanya ada di toko tertentu.

Ada tips lain menurut anda? silahkan tulis di komentar ya ....
Happy reading

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Long Time No Post

Maybe it is first month I write in this year. I can not post my writing routine. Just now I read some bloggers post good theme. Now, I reall...