Rabu, 05 Desember 2018

Blogwalking, Menjelajah Dunia Maya

Teringat pertama kali saat membuat blog,  tujuan pertama hanyalah menjadikan blog sebagai digital diary. Tempat untuk menulis keseharian, berkeluh kesah dan menumpahkan segala ide yang berkecamuk menjadi coretan yang tersimpan dan terkenang. Iya, itu bermanfaat hanya untuk diri saya sendiri.

Setalah terjun ke dunia blogging, saya mengikuti komunitas blogger baik di twitter, facebook maupun blogger perempun network (BPN). Dari sana saya mengenal kata blogwalking.

BLOGWALKING yang disingkat dengan BW adalah kegiatan  menjelajah dari satu blog ke blog lain untuk membaca isi blog teman, menambah teman, atau meninggalkan jejak komentar pada blog yang dikunjungi. Bagi saya pribadi, blogwalking itu mengasyikkan. Selain kita membaca apa yang sedang kita butuhkan, kita juga mengenal karakteristik tulisan teman. Dari blog satu dengan yang lainnya pun berbeda tema yang mereka terapkan.

Ketika blogwalking, ada buku absen atau buku tamu dimana blogger lain meninggalkan jejak setelah mengunjungi blog kita. Kita pun mengunjungi blognya dan saling sapa dan komentar.  Tapi sekarang perkembangan blogger sangat pesat. Banyak blog yang sangat bermanfaat dan menginspirasi para pengunjung. Baik yang sudah punya akun blog maupun hanya ingin membaca informasi yang dibutuhkan saja. 

Setelah blogwalking pun,  saya serasa mempunyai masukan kita harus menulis yang sekiranya bisa bermanfaat untuk orang lain.  Semakin kita sering blogwalking semakin banyak manfaat yang kita dapat dintaranya :
a. Menjalin silaturrahmi,  saling mengenal saling sapa
b. Mengetahui trending topic masa kini
c. Menambah ide untuk ganti template blog, karena blog itu seperti rumah pribadi yang perlu direnovasi
d. Membaca tulisan yang menginspirasi dan menmbah semangat untuk menulis.
e. Bagi saya semua blog yang pernah saya kunjungi adalah blog yang emaizing. Tapi ada lagi beberapa blog yang bisa menginspirasi saya.

Dunia maya, khususnya blog, merupakan satu sosial media yang sering kita gunakan dalam sehari-hari. Karena ketika kita search apapun di google, yang kita temukan adalah hasil tulisan  teman-teman di blog.  Berikut beberapa blog yang sering saya jelajahi :


http://kenhanggara.blogspot.com/
www.keluargahamsa.com
https://www.handdriati.com

Dari sepuluh blog diatas, saya tidak punya alasan spesial kenapa hanya blog diatas yang saya pilih. Saya juga menyukai blog lainnya yang pernah saya kunjungi. Karena semua hal positif yang ditulis di blog pasti bermanfaat. 

Keep blogwalking  !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Long Time No Post

Maybe it is first month I write in this year. I can not post my writing routine. Just now I read some bloggers post good theme. Now, I reall...