Sabtu, 23 April 2011

Pohon Pisang Tumbuh Ditengah Jalan Raya Lajuk-Porong



          Tak bisa dipungkiri adanya beberapa pohon pisang ditengah jalan raya Desa Lajuk sempat membuat warga panik. Jalan yang menjadi jalur utama dari arah Porong dan Krembung kini menghalangi arus kendaraan dari arah kiri maupun kanan jalan.
          Penyebab utama adanya beberapa pohon pisang ditengah jalan raya tersebut yakni rusaknya jalan raya aspal. Banyak lubang-lubang yang berukuran kecil hingga sebesar lubang sumur merusak jalan beraspal  ini. Apalagi ketika hujan tiba, air menggenang dalam lubang-lubang rusak yang semakin melebar itu. Hal ini dapat menyebabkan kecelakaan pada para pengendara khususnya roda dua, karena mereka bisa saja tidak melihat lubang ditengah jalan.
          Untuk menyiasati masalah tersebut, warga sekitar menanam pohon pisang dengan ketinggian sekitar 3 meter ditengah maupun pinggir jalan raya aspal yang berlubang, agar para pengendara sadar  dan waspada dengan jalan yang akan mereka lewati rusak . Apa daya pemikiran warga sekitar tak sebanding dengan kenyamanan pengendara yang melewati jalan baik dari arah Porong maupun Krembung. Para pengendara mengeluh lantaran mereka selalu terhalang pohon pisang tak sesuai tempatnya dan perjalanan selalu terhalang oleh kendaraan besar dan termasuk roda dua harus berhenti sejenak memberi kesempatan kendaraan besar lewat.
          Untuk mencabut pohon pisang warga setempat membutuhkan uluran tangan dari Pemerintah setidaknya menengok kondisi ini. Apalagi ini jalan raya umum yang menjadi jalur utama ramai pada jam kerja pagi dan sore hari. Demikianlah demokrasi yang keblabasan, bagian dari cara unjuk rasa kepada para pemerintah setempat dengan  menanam pohon pisang ditengah jalan raya demi keselamatan para pengguna jalan.
                                
Lokasi : Jalan Raya Desa Lajuk Kecamatan Porong - Kabupaten Sidoarjo -
                 Jawa Timur
               (Dari arah Porong menuju ke arah Barat  Krembung  Prambon)
                 

  Oleh : Izzatul Millah

1 komentar:

  1. I might be overlooking it but I do not see a translate button.
    Wanted to wish you a happy day and a good week.

    BalasHapus