Kamis, 23 Mei 2019

Cara Menghilangkan Jerawat

Jerawat sangat mengganggu penampilan. Kita sangat tidak nyaman dan kurang pede saat jerawat datang. Apalagi kalo diajak acara kumpul bersama atau  foto bareng sama teman-teman. Duh rasanya jerawat ini bisa ditutup pake panci. wkwkwk. Seandainya jerawat itu tidak di wajah, pasti kita santai saja. Jerawat mulai muncul ketika masa abege datang, dimana masa puber ini reproduksi hormon semakin meningkat.

Pengalaman saya, jerawat saya mulai muncul ketika di bangku sekolah menengah pertama. Tepat sebulan setelah datangnya haid. Jadi sebulan kemudian, menjelang haid pasti keluar bintang yang menghiasi wajah cantikku. ciyee. Duh rasanya, gatal dan semakin malu. Tidak pede apalagi kalau kita lagi ngobrol sama lawan jeni. maklum pernah muda ya... dan, jerawat ini selalu saya alami setiap bulan. Datang silih berganti. seminggu hilang, bulan depan tumbuh lagi. Sedih sekali temans....

Nah, ternyata jerawat bukan hanya faktor hormon saja, bisa saj keturunan, atau bahkan cara merawat wajah yang kurang tepat. Padahal kebersihan wajah sangat penting agar wajah kita tidak kotor, kusam hingga timbul jerawat.

Inilah beberapa tips sederhana cara menghilangkan jerawat secara alami versi saya :

1. Rajin membersihkan muka. Kita beraktivitas di alam bebas, udara yang menempel pada wajah kita adakalanya mengandung polusi. Meski wajah kita putih tidak terlihat kumus-kumus itu bukan berarti wajah kita bebas dari polusi. Sediakan waktu untuk membasuh muka secara teratur. Bisa ketika sholat lima waktu dengan mengambil air wudlu.
2. Kurangi konsumsi makanan berlemak. Makanan berlemak seperti fast food, gorengan dan mie instan mampu memicu produksi keringat berlebih pada wajah. Sehingga jika kulit agak sensmitif maka jerawat dengan mudah tumbuh. Jika temans meliliki riwayat alergi terhadap ayam, telur juga bisa mengurangi konsumsi makanan tersebut.
3. Pilih sabun wajah yang tepat. Ingat, jangan asal mahal dan terkenal ya memilih sabun wajah. Dulu pas zaman abege, saya juga suka ganti-ganti merk pembersih muka. Alhasil, muka saya semakin sensitif dan rentan jerawat. Nyesel deh jadinya.
4. Jangan pencet jerawat secara paksa. Biarkan jerawat mengempis dengan sendirinya, jika dipencet apalagi dengan mbarang yang semabrangan bisa terjadi infeksi.
5. Bersihkan wajah usai menggunakan make up. Nah, ini jangan langsung tidur. Wajah kita perlu istirahat juga. Ketika ada make up di wajah, maka pori-pori akan tertutup.
6. Pakai bedak tabur dan bila perlu tidak usah pakai bedak. kalo ini, harus pede ya, demi wajah kita. Semakin sering menggunakan bedak padat, maka jerawat makin lama untuk mengering.

Cukup sekian tips sederhana yang bisa diterapkan. Alhamdulillah meskipun wajah saya tidak putih kinclong seperti artis, setidaknya sekarang sudah bersih dari jerawat. Tinggal menjelang haid saja. karena ini sudah bersifat hormonal. Semoga bermanfaat!

2 komentar:

Long Time No Post

Maybe it is first month I write in this year. I can not post my writing routine. Just now I read some bloggers post good theme. Now, I reall...