Selasa, 07 Mei 2019

3 Hal yang Wajib Ada Saat Buka Puasa



Marhaban ya Ramadhan...

Alhamdulillah kita semua masih dipertemukan bulan yang mulia dan penuh berkah, bulan Ramadhan.
ngomong tentang bulan Ramadhan, banyak sekali hal yang perlu dibahas di dalamnya termasuk BUKA PUASA. Bukan tentang menu hidangan semata. Yuk cek apasih beberapa hal wajib yang wajib ada dan dipersiapkan menjelang buka puasa.

1. Air Putih
Ketika Banyak orang berbondong-bondong keluar rumah mencari yang segar-segar seperti es campur, es manado, es jus dan segala macam minuman yang ketika melihatnya ingin menelan ludah (eits.....), ada segelas air putih hangat yang begitu bermanfaat dan menyehatkan tubuh kita. Air putih dianjurkan sebagai minuman wajib untuk berbuka karena mampu mengembalikan cairan tubuh yang hilang ketika melaksanakan ibadah puasa. Bisa kita rasakan bagaimana seharian saat panas matahari menyengat, dahaga melanda. Air putih, tak perlu minuman mahal-mahal sebagai pembuka, cukup yang bermanfaat untuk tubuh kita.

2. Teman Buka
Kalau menurut saya, selezat dan semahal apapun menu buka, jika dimakan sendirian rasanya hampa pemirsa..... Bagaimana tidak, ketika buka puasa, paling tidak kita bisa kumpul dan menikmati buka puasa dengan keluarga atau sahabat kalau misalnya kita berada di rantau. eits, beda lagi lho ya kalau ceritanya kita kena maghrib di saat perjalanan. 

Selama buka puasa, alhamdulillah, aku tidak pernah merasa sendiri atau bahkan kesepian. hikz melow jadinya. Ada Bapak Ibu adik kakak, yang dengan mereka kita bisa menikmati hidangan dengan ngobrol santai. Atau bahkan saat di perantauan dulu, berbuka puasa dengan sahabat-sahabat seperjuangan itu masyaAllah asyiknya luar biasa. Selalu ada cerita untuk dibagikan. Walau menu nya sekedar teh hangat dan nasi tempe penyet. Itu sudah rezeki yang sangat melimpah.

3. Berdoa saat Buka Puasa
Inilah anjuran Rasulullah. Jangan abaikan doa ini. meskipun terlihat sepele, atau kadang saya pun pernah lupa untuk tidak berdoa sebelum beruka (mungkin saking tergiurnya dengan menu buka, hehhe). Adanya doa yang tidak tertolak termasuk doa orang yang berpuasa. Nabi menganjurkan untuk berdzikir dan berdoa menjelang buka puasa. So, jangan sampai kita melewatkan momen dimana keinginan kita panjatkan kepada Allah. Jangan sampai lupa berdoa gegara ngabuburit di jalan atau lainnya.

Doa berbuka puasa yang bersumber dari riwayat HR Bukhari & Muslim
اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ
Allahumma laka shumtu wa bika amantu wa'ala rizqika afthartu. Birrahmatika yaa arhamar roohimin.
Artinya:
"Ya Allah, untukMu aku berpuasa, dan kepadaMu aku beriman, dan dengan rezekiMu aku berbuka. Dengan rahmatMu wahai yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Nah, itu dia 3 hal wajib yang begitu sederhana namun sering terabaikan. Coba deh bisa diterapkan mulai nanti menjelang buka puasa. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. Izin promo ya Admin^^
    bosan tidak ada yang mau di kerjakan, mau di rumah saja suntuk,
    mau keluar tidak tahu mesti kemana, dari pada bingung
    mari bergabung dengan kami di ionqq^^com, permainan yang menarik dan menguras emosi
    ayo ditunggu apa lagi.. segera bergabung ya dengan kami...
    add Whatshapp : +85515373217 ^_~

    BalasHapus

Long Time No Post

Maybe it is first month I write in this year. I can not post my writing routine. Just now I read some bloggers post good theme. Now, I reall...