Minggu, 01 Januari 2012

Tahun Baru 1 Januari VS 1 Muharram



Masih bau-bau tahun baru nih, . alias TB
Emang TB punya bau ?
Yaeyalah, toh di jalan raya masih banyak yang ngreeng..ngrrenngg dengan motornya, ato tempat-tempat umum kayak Alun-alun, GOR, masih rame meski hujan rintik-rintik terus membasahi. Behhhh.. sampe kebanjiran segala di kota Surabaya.

Betewe, aniwe, baswe,..
Kali ini aku mau ngebahas Tahun baru versi 1 januari dan 1 muhaharram.

Tahun baru identik dengan perayaan, dimana suatu budaya merayakan berakhirnya satu tahun yang lalu, dan menyambut datangnya hitungan tahun selanjutnya. Nah, di negara kite tercinta ini, ada 2 taon baru yang sangat eksis.Yuk kita simak bgaimana keeksisan mereka :
1. Tahun Baru 1 Januari
Indonesia, mengadopsi kalender Gregorian yang mayoritas sama dengan negara-negara lainnya.
Sebagian besar banyak hal-hal yang erat kaitannya tuk menyambut datangnya tahun baru, bukan hanya anak muda saja. namun, para kakek nenek  juga tak mau ketinggalan.
Untuk menambah semaraknya TB, dijual beraneka macam terompet untuk ditiup pada tengah malah saat TB.

Maraknya pesta kembang api di berbagai tempat

TB juga identik dengan kumpul-kumpul bareng keluarga tercinta, sahabat, pacar. 
Dengan acara makan-makan, atau bakar-bakar. Bakar apa aja deh, mau bakar kampus, pasar ...

Ramenya pengunjung alun-alun, sebagai salah satu tempat favorit TB

Selamat datang 2012 ...
Semoga menjadi lebih baik dari sebelumnya
Be the best you can be !

2. Tahun Baru 1 Muharram
Disebut juga TB Hijriyyah. Bagi mayoritas umat Islam, kalender ini digunakan untuk menentukan kegiatan yang erat dengan ibadah, atau penanggalan sehari-hari.

Beberapa teman FB ane banyak yang protes, kenapa menyambut tahun baru 1 Januari 2012 gencar, rame, penuh perayaan, hang-out bareng, sedangkan untuk tahun baru agamanya sendiri tak ada perayaan, malah sepi-sepi aja. Malah ada yang bilang Semoga malaikat Isrofil tidak ikut meniup terompet di pergantian malam Tb. Masya Allah, Nauudzubillah...

Eitssss... kata siapa  1 Muharram tak ada yang merayakan ????? (Tanda tanya besar )
Sebagian masyarakat Islam masih peduli akan budaya perayaan tahun baru hijriyah ini. Khususnya para santri di Pesantren mahasiswa An-Nur yang aku tempati. Lebih serunya, cekibrootzzzzz :

Event ini bernama GEBYAR MUHARRAM yang diselenggarakan Organisasi Santri Pesantren Mahasiswa An-Nur (OSPM An-Nur).

Berbagai macam lomba dipersembahkan untuk para santri putra putri


Lomba
Kebersihan antar komplek



Juara 1 Lomba Mading

Juara 2

Lomba Senam

Hingga senam bersama sang juara

Lomba Badminton putra dan putri

 Lomba bersholawat

Audisi pemilihan An-Nur star

Cayoooooo para Santri...........................
Ga ada ruginya deh jadi santri, selain dapet ilmu juga pengalaman !

5 komentar:

  1. Pertamax... Hahaha... Happy new year...

    BalasHapus
  2. Wahhh..padet banget tuh jadwalnya ya..sampe ikut senam hingga lomba shalawat..wuihhh..

    BalasHapus
  3. Dari Ilustrasinya kurang satu lomba tu mbak...( lomba jemur kasur ).... TOP BGT... Ajiib nih Blog

    BalasHapus
  4. biar udh 8 hari tpi saya mau blang "Happy New Year" :D

    BalasHapus
  5. banyak perbedaan antara tahun baru masehi dengan tahun baru hijriah

    BalasHapus