Rabu, 03 Agustus 2011

Serba-serbi PPL 2


Welcome to SMK Antartika Surabaya

        Pasca Musibah yang kualami 11 Juli (Musibah apa) ?? aku jatuh terserempet sepeda motor dan terkena Gagar Otak Ringan. tapi Alhamdulillah 2 minggu aku berhasil melawan rasa sakitku dengan berbagai bantuan medis dan pijat tulang).Aku ditakdirkan normal kembali.Thx a lot God MySpace

       Yap,, Dua minggu juga aku telat melaksanakan tugasku PPL mengajar di SMK Antartika Surabaya. 25 Juli 2011, itulah pertama kalinya aku masuk untuk piket. Berbagai sambutan hangat dari teman-teman juga para guru. Mereka begitu welcome. Tapi bagaimana dengan kelasku ?? Siapa yang saya ajar ?? Bagaimana muridnya?MySpace

      Di hari kedua, aku dan temanku, Difa, disuruh seorang guru mengisi kelas kosong X TKR 1 untuk mencatat masalah mesin Frais. Meski aku begitu asing dengan pelajaran itu, kita tetap memasuki kelas. Dihadapan murid yang 99 % cowok, kita memasuki kelas. Sambutan hangat juga sorakan riuh bocah-bocah  membuatku malu. 
      "Guru baru lagi, kenalan dong....!" teriak mereka. Karena minggu kemarin Difa sudah memasuki kelas mereka.
      Sungguh di luar dugaanku, mereka 100% bandel bahkan tak mau mencatat apa yang diamanahkan. Mulut mereka, tingkah laku mereka, seakan-akan budaya ini telah dilunturkan oleh generasi penerus yang tak bermoral. Sungguh aku dibuat kewalahan menghadapi bocah-bocah ingusan seperti mereka. Bahkan dua orang pun tak cukup. Aku bahkan kehausan juga kelaparan menghadapi mereka. Tapi kelakuan mereka juga membuatku ingin tertawa ngakak.
MySpace

Sebenernya mereka asyik, lucu, menyenangkan. But, Plis deh ,,, hilangin tuh bandelnya !!!!!
       Yah,,,inilah pertama kalinya aku terjun langsung menatap dan menghadapi siswa. Sungguh pengalaman yang luar biasa dengan mereka.
       Teringat salah seorang murid yang terus bertanya tentangku, menetapku lekat-lekat jika aku berkeliling di sekitar bangkunya .... Selalu bilang "Mbak, manis sekali, kayak mantan pacarku" dengan senyumnya berkali-kali membuatku klepek-klepek GR setengah mati,,, jiahhhhh lebay  (Ups, lupa namanya, nih ada fotonya yang berbaju coklat)

Huaahhhhhh,, dasar mereka bocah ingusan. Malah ada yang mencium aroma parfumku. Hingga mukaku merona warna pink-ungu karena berhasil menyebut merk parfum yang kupakai....
Ihihihihi jadi malu dehhhh MySpace

     Dan pada tanggal 28-29 Juli, para murid tanding dalam perayaan lomba 17 Agustus-an.
 
Salah satu lomba ambil uang melalui mulut di tepung tempeh 
 Sluurrruuuuuuuuuuppppp ....
Futsal,, tendang bolanya ... jangan tendang kaki ku !!

Ayo mas .... Masukin... masukin pakunya ...
Tarikk... mangg.....

   Dan, kali ini, kuperkenalkan Guru pamongku, yang keren abizzz............


Tet...... terettttt....tereeee.......ttttttttttttttt
.
.
.
.
.
.
.
.
.
.

.
.
.
.
.
.



Beliau benar-benar TOP,,, n keren abiz,, lulusan sarjana muda UI (Universitas Indonesia) dengan jurusan Sastra Inggris, ..
parahnya nih si murid-murid diperkenalkan dengan nama panggilan Pak TOP (Tuwek Ompong Perot) Masya Allah .....
Beliau juga mencintai sastra,,, apalagi nih lebih kerennya aku dibuatkan puisi loh .....


Sepotong sajak untuk mahasiswi PPL

Anakku,
Sekian pekan terlampaui
Kau guratkan langkah pasti
Meniti satu persatu aksara di papan putih yang terpampang disana
Dengan lantang berucap
Terangkan apa yang kau tahu
Sementara …
Sekelompok bocah ingusan tajam menatap
Sembari lontarkan canda-canda kampungan
Sesekali terdengar keprokan tangan-tengan kecil memecah hening di ruang itu
Tabahkan hatimu, anakku
Melihat realita masa kini
Dimana potret pribadi semakin luntur
Terseret peradaban orang seberang
Yang coba porandakan budaya kita
Ya Allah …
Limpahkanlah welas-Mu pada anak-anakku
Yang sedang menuntut ilmu
Ntuk bekal hidup nanti



Written by :
Riyadi Maryanto

      Terima kasih banyak Bapak,kau bukan hanya memberiku ilmu, namun juga membimbingku, pengalaman demi pengalamn kau berikan kesempatan itu padaku. 
        Insya Allah kan kukobarkan semangatku demi menuntut ilmu, juga demi PPL ku hingga 13 September 2011. Dua bulan.Sungguh waktu yang cukup lama.Semangat .... Semangat ... Cayooo !!! Pasti bisa melewati.

Let me say to thank a lot to my second Daddy,,, MySpace

2 komentar:

  1. wah 2 bln diAntartika kyknya memberikan kesan yg mendalam nih!!!hehehe

    semoga saja suatu saat nanti dpat menjdi bagian dari kami!!! (pasti keberatan)

    BalasHapus