Selasa, 19 Juli 2011

Tuhan, Inilah Proposal Hidupku ...

Mulailah mengejar impian sedini mungkin ... !

“Sebuah workbook yang inspiratif dan memandu tuk menyusun rencana hidup kita demi menggapai kesuksesan”
Tak ada kata-kata yang patut kuucap selain kalimat diatas. Aku memang suka membaca, jenis bacaan  apa pun itu. Di saat banyak tugas kuliah, yang harus kubaca adalah literatur dan sumber penunjang tugas. Dan di waktu luang, novel, kumpulan karya sastra, koran, majalah, bahkan portal berita on-line pun kulahap. Aku bisa memperoleh bacaan-bacaan tersebut di perpustakaan, pinjam milik teman, bahkan koran milik warung langgananku sekalipun. Tapi di saat uang hasil tabunganku buat beli buku kuliah tersisa, aku harus berkunjung ke toko buku. Di sana, kulihat, kubaca, dan kupilih buku atau novel yang pas di hati dan tentunya pas dengan uang di kantongku.
            Untuk saat ini, aku belum tertarik pada judul novel yang kulihat. Segera kuberjalan ke lantai dua.  Meski bukan novel, banyak buku yang menarik, termasuk literatur kuliah. Seperti buku 100+ Ice Breaker, Mengajar lebih menyenangkan. Guru Ok, Murid pun enjoy. Buku tersebut sangat cocok buat warming-up saat aku micro-teaching dan menjadi guru kelak. Tapi mata ini masih penasaran dan terus ingin  memelototi tiap judul buku yang lainnya. Yap, aku terpesona dengan sebuah buku yang berada di rak atas mataku. Memang dilihat dari cover-nya tidak menarik, tetapi judulnya mampu menarik hati dan sangat cocok dengan apa yang biasa kuselesaikan demi event atau kegiatan di kampus.
            Tuhan, Inilah Proposal Hidupku … Itulah sebuah buku (bisa dikatakan sebuah workbook) yang ditulis oleh Jamil Azzaini dan harus kubeli. Proposal hidup ? Apakah itu? Aku sangat penasaran. Yang kuketahui adalah proposal kegiatan karena aku terbiasa ikut serta merampungkan proposal kegiatan di sekolah maupun di kampus. Sejak SMP, aku mulai suka terjun ke dunia organisasi. Hingga di bangku kuliah ini, aku merangkap tuk mengikuti tiga jenis organisasi di kampus, baik intra maupun extra. Seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Unit Pengembangan Bahasa Asing (UPBA), dan Ikatan Qori’-qori’ah Mahasiswa (IQMA).
            Mengapa ada proposal hidup ?

        Karena untuk membuat sebuah acara dua hari bahkan setengah hari saja membutuhkan proposal. Mengapa untuk hidup kita yang berjalan puluhan tahun tidak membuat proposal ? itulah pertanyaan yang menyadarkan kita sebagai aktivis di organisasi. Jadi, jangan biarkan hidup kita mengalir tanpa tujuan, impian atau cita-cita untuk menggapai kesuksesan.
Buku ini sangat inspiratif dan sangat cocok tuk memotivasi kita menggapai impian dan kesuksesan dalam hidup. Karena dalam kehidupan ini, banyak orang yang mengatakan “Jalani hidup mengalir apa adanya”. Saya kurang setuju dengan pendapat tersebut. Karena tidak semua air jika dibiarkan akan mengalir ke laut begitu saja. Begitu pun dengan aliran  hidup bak air yang harus kita arahkan lewat proposal hidup. Proposal itu dibuat tuk meraih prestasi tertinggi di hadapan Allah.
Melalui buku ini, saya bisa menjadikannya sebagai panduan tuk menuntunku ke arah yang lebih baik, demi menggapai kesuksesan. Inilah beberapa langkah-langkah singkat menulis proposal hidup berdasarkan buku mas Jamil :
1.        Langkah 1 : Sadarilah bahwa anda adalah masterpiece. Kita dilahirkan ke dunia merupakan mahakarya dari Sang Kholiq. Jadi setiap individu adalah masterpiece yang tiada duanya. Lahir-tumbuh-meninggal tak akan pernah ada yang mirip dengan anda. Pun juga dalam segi pengalaman. Maka tulisalah nama dan pengalaman hidup anda.
2.        Langkah 2 : Tetapkan prestasi terbaik yang ingin anda raih. Tulislah kira-kira prestasi apa yang hendak anda tinggalkan di muka bumi ini (yang benar-benar ingin anda wujudkan). Agar jika prestasi itu terwujud, Tuhan bangga pada kita, juga orang di sekitar kita.
3.        Langkah 3 : Jadilah seorang expert. Temukanlah expert apa yang anda ingin kembangkan. Tentu saja harus sejalan dengan prestasi atau keahlian anda. Curahkan waktu untuk meningkatkan expert anda, carilah guru expert, spiritual dan kehidupan, dan bersahabatlah dengan orang yang mendukung anda.
4.        Langkah 4 : Sempurnakan hidup anda sekarang. Mulai sekarang sempurnakan karya-karya yang akan anda hasilkan. Perhatikan Keuangan (Setiap bulan, berapa yang akan anda sisihkan untuk ditabung?), Kesehatan (kesuksesan dan prestasi tak akan terwujud bila mengabaikan kesehatan anda), Kelurga (Sediakan waktu yang cukup bersama mereka) dan Kehidupan spiritual (Sungguh sangat rugi orang yang banyak prestasi tetapi jauh dari Sang Khaliq, hatinya akan gersang. Tulislah jenis-jenis kegiatan yang anda kerjakan demi mendekatkan diri pada Sang Pencipta, Jangan pernah meninggalkan Sang Maha Pemberi).
5.        Langkah 5 : Sempurnakan lingkungan anda. Dengan cara sampaikan proposal anda dalam setiap kesempatan, terhadap orang spesial dan mintalah dukungan mereka, dan berdoalah pada yang Maha Berkehendak, serta syukurilah keberhasilan dalam setiap tahapan. 

Dengan buku ini, sungguh saya termotivasi terhadap impian-impian dan kesuksesan yang ingin kuraih. Demi membanggakan orang tua dan orang-orang di sekitarku. Semoga dengan proposal hidup yang kubuat benar-benar mengantarkanku pada kesuksesan. Amin.
            Inilah sedikit ringkasan proposal hidupku :
Tuhan, inilah proposal hidupku …
Saya izzatul Millah adalah masterpiece,
Saya juga sangat spesial karena saya sangat berbeda dengan orang di muka bumi ini. Saya terlahir 19 Juni. Ayah saya seorang PNS (guru) dan Ibu saya seorang Ibu rimah tangga. Saya sangat bangga pada mereka karena bisa dikatakan berhasil dalam usaha mendidik anak-anaknya hingga perguruan tinggi. Pun juga mengutamakan pendidikan baik agama maupun umum.
Saya di terima kuliah di Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Saat ini aku suka mengikuti organisasi (PMII, UPBA, IQMA)
Prestasi terbaik saya adalah Juara III lomba audisi MC & Presenter,  Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Islam, Nominator Lomba Flash True Story (FTS): Impianku Menjadi Penulis, Nominator Lomba Menulis Artikel Singkat (L-MAS), Nominator Menulis Tentang Girl's Power. Saya ingin kelak dikenal sebagai penulis dan pembawa acara.
Expertise yang saya kuasai : demi mewujudkan prestasi, saya akan lebih banyak belajar tentang MC & Presenter, juga hal tentang dunia tulis menulis.
Guru kehidupan : dalam hal tulis menulis ; JLE, urusan spiritual dan kehidupan ; AC & NM, sahabat ; MJ.
Komitmen : saya akan terus belajar dan mengembangkan kemampuan yang saya miliki
Penutup : Ya Allah, inilah proposal hidupku. Apabila dengan ini Engkau cinta kepadaku maka bantulah aku jika memberi manfaat pada orang lain. Ya Allah, hamba mohon bantulah untuk mewujudkan proposal Hidup ini sebab tanpa bantuan dan pertolongan-Mu aku tak akan mampu merealisasikan proposal Hidup ini.
Ya Allah, kabulkanlah …
                                                                                                Sidoarjo, Oktober 2010

                                                                                                     Izzatul Millah
           
Biografi :
Izzatul Millah, yang akrab disapa Millah, lahir di Sidoarjo, 19 Juni 1990. Saat ini sedang duduk dibangku kuliah semester 7 jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di IAIN Sunan Ampel Surabaya. Menekuni dunia MC & Presenter, fotografi, tulis- menulis, dan membaca. Mulai aktif menulis dan mengirim karya-karyanya sejak Maret 2011. Meskipun masih menyandang status penulis pemula, saya harus tetap belajar karena mungkin suatu saat nanti saya bisa meraihnya. Motto hidup : Dare to dream dan Man jadda wajada, karena dari situlah impian terealisasi menjadi kenyataan. Silahkan kunjungi izzatul-millah.blogspot.com

Alhamdulillah, Naskah diatas lulus AUDISI MENULIS AKU DAN BUKU YANG MENGINSPIRASI (Buku : Tuhan, InilahProposal Hidupku). Penyelenggara : Milda Solihin. (15 Juli 2011).

2 komentar:

  1. Jadi tertarik bikin proposal hidup juga nih. Hehe,,, Dulu, paling ane bikin targetan per tahun yang ane tempel di dinding kamar kosan. Hooho,,, sepertinya sekarang harus segera diupdate impian ane. :)

    Syukran sudah berbagi ukhti. :)

    BalasHapus
  2. IyYa... sama2 sob ;)

    update impian = memperjelas goal hidup

    thx a lot ^_____^

    BalasHapus