Rabu, 02 Februari 2011

Belajar Bahasa Jepang Yuuukkkzzzz.....

Jepang termasuk negara yang unik nan indah, negara yang terkenal dengan empat musim ini menjadi obyek paling populer dengan adanya pohon sakura.dan yang paling menonjol, jepang juga identik dengan film kartun.

Ketika kita berbica tentang jepang,, yang ada dipikiran kita tentu film doraemon, film kartun jepang yang melejit di Indonesia dan ditayangkan setiap minngu pagi menjadi aksi rutin tontonan doraemon mania.

近くで...
Dekitara
アンナいっぱいとあるケド夢の近くで...

みんなみんなみんな
かなえkureru
Fushiginaポッケかなえkureru
空をjiyuuニッケルtobitai
Hai!takekoputaa
......
とってもダイスキ
ドラえもん...
宿題toubanしけんニッケルotsukai
アンナ近くで...taihenだけど

みんなみんなみんな
Tasukete kureru
Benrina道具tasukete kureru
オモチャheitai
Sore!tototsugeki
......
とってもダイスキ
ドラえもん...

Tulisan apa tuh model kriting-kriting,,,kayak rambut ajah,,
Jiahahhahaaaaa,,, itu mah teks lagu doraemon,,, begini nih cara bacanya :
“Doraemon No Uta”
Oleh: Komiko Osugi

Konna koto ii na
Dekitara ii na
Anna yume konna yume ippai aru kedo

Minna minna minna
Kanaete kureru
Fushigina POKKE de kanaete kureru
Sora wo jiyuu ni tobitai na

(Hai! takekoputaa!)
AN…AN…AN
tottemo daisuki
Doraemon

Shukudai touban shiken ni otsukai
Anna koto konna koto taihen dakedo

Minna minna minna
Tasukete kureru
Benrina dougu de tasukete kureru
Omocha no heitai da

(Sore! tototsugeki!)
AN…AN…AN
tottemo daisuki
Doraemon

Uda hafal teks Indonesianya kan ??? Ni dia selengkapnya
Lirik Lagu pembukanya Aku ingin begini
Aku ingin begitu
Ingin ini itu banyak sekali

Semua semua semua
Dapat dikabulkan
Dapat dikabulkan
Dengan kantong ajaib

Aku ingin terbang bebas
Di angkasa
Hei… baling baling bambu

La… la… la….
Aku sayang sekali…
Doraemon…

La… la… la….
Aku sayang sekali…


Lirik Lagu Penutupnya
Lihat-lihatlah bunga yang sedang mekar
Tiba saat mengucapkan selamat pagi
Masa depan semua mari kita bangun
Lalalala… lalalala… bernyanyi bersama …

Saya hidup di bumi ini masa depan dengan kapal angkasa
Mari kita banyak-banyak berikhtiar
Menjadikan satu-satu kita wujudkan
Kita hidup di bumi ini
Pagi ini esok dan seterusnya
Masa indah sangat banyak kota impian…


Itulah seputar Doraemon....
Sekarang kembali kita mengenal sedikit tentang Bahasa Jepang, inilah sedikit pengetahuan yang aku dapat ketika belajar bahasa jepang di SMA, meskipun cuma setahun, senang rasannya bisa mengenal dan belajar dari Dwi Sensei (sensei = Panggilan untuk guru).

Dalam mempelajari Bahasa jepang, hal pertama yang harus kita kenal yakni Aksara. Jepang memiliki 3 jenis aksara.
1. Kanji (bukan kanji jenis tepung yang buat adonan,,,heheh nggelambyar mulai deh)
biasanya digunakan oleh negara Cina, huruf ini begitu rumit da sekitar 25.000 huruf, biasanya digunakan untuk Naritachi  cerita dibalik huruf.
2. Hiragana,
digunakan untuk menulis kosakata asli bahasa jepang, contohnya: Watashi, Anata, Shinsetsu dll.
3. Katakana,
 digunakan untuk menulis kosakata serapan, nama orang asing(nama diluar Jepang) dan nama negara kecuali Cina dan Korea.
Contoh:
Nama Orang Millah mejadi Miraa , Rizki menjadi Rizuki, Asror menjadi Asuroru, Slamet menjadi surameto,
Kata serapan dari Bahasa Inggris, seperti kata SPORT penulisannya menjadi supotsu, WATCH menjadi Wocchi, BOLPOINT menjadi Borupen, de el el,, dicoba sendiri ya…


bagian dari Huruf katakana

Bahasa Jepang = Nihongo
Berikut ungkapan, salam dalam bahasa Jepang
Ohayou gozaimasu = Selamat pagi
Konnichi wa = Selamat siang
Konban wa = Selamat malam
Oyasuminasai = Selamat tidur
Sayounara = Selamat berpisah, sampai bertemu lagi
Mata Ashita = Sampai besok
Arigatou gozaimasu = Terima kasih
Douitashimashite = Terima kasih kembali
douzo = Silahkan
Ohisashiburidesune = Lama tidak bertemu
Ogenkidesuka? = Apa kabar?
Genki desu = Baik
Sumimasen = Maaf, permisi
Gomennasai = Maaf
Omedetou gozaimasu = Selamat
Tanjoubi omedetou gozaimasu = Selamat ulang tahun
 

Memperkenalkan diri dalam Bahasa Jepang
Hajimemashite = Perkenalkan
Watashi wa Millah tomoshimasu = Saya Millah
Douzo yoroshiku onegaishimasu = senang berkenalan dengan anda.
Bagi orang Jepang setelah berkenalan dengan ungkapan di atas langsung diiringi dengan membungkukkan badan.
Watashi = Saya
Anata = Anda
Gakusei = Siswa
Sensei = Guru
Dalam bahasa Jepang ketika menyebut nama orang lain, dibelakang nama disisipkan dengan San. Misalnya ketika Dwi Sensei menyapaku, beliau memanggil : Millah San,,Ogenkideska ??(Hai Millah, apa kabar ?)
Jika konteksnya seseorang sudah akrab dengan orang lain maka disisipkan Chan.
Contoh :  Mayako Chan. ( Kalo Sin Chan termasuk nggak ya…..???
Untuk menyebut nama guru atau dokter dibelakang nama disisipkan sensei.
Contoh : Indah Sensei, Agus sensei



JEPANG ITUWW......:
1. Merupakan negara maju dan berkembang yang terletak di kawasan Asia Timur
2. Dua agama yang ada di Jepang "Budha&Shinto"
3. Sushi, sebagai makanan khas Jepang yang mencetak nama di seluruh dunia yang dibuat dari berbagai jenis ikan mentah yang digabungkan dengan nasi dan wasabi (tanaman asli Jepang dari suku kubis-kubisan)
4. Merupakan masyarakan pendidikan dimana 95% dari semua pelajar disana masuk hingga sekolah tinggi
5. Ikebana, merupakan keindahan penyusunan tangkai daun dan bunga-bunga dalam vas indah yang menjadi tradisi sejak 7 abad yang lalu
6. Shogi, (lain dari artis Shogi Indra duaja pemain extravaganza) merupakan permainan catur Jepang (mirip dengan catur internasional)
7. Geisha, (bukan Geisha band Indonesia ituloh....) adalah nyonya rumah profesional yang menjamu tamu melalui berbagai kesenian yang dilakukan di rumah teh.
(source : hasil presentasi kebudayaan Bahasa jepang)
Ini termasuk bagian dari tugas tiap minggunya (PR), setelah semua hiragana selesai ditulis, siaplah tuk katakana, nulis dialog drama dalam basa jepang, presentasi tentang kebudayaan, pendidikan dan all abot Japan. Paling asyik ngelukis langsung aksara jepang dengan FUde dan Tinta bak ala Jepang,, dan hasil akan dipajang depan kelas, seperti pameran aksara Jepang. Aku dulu belinya dimana yahh ??? Lupa sampe mumet kota Sidoarjo nyari Fude n Tinta BAk


Setiap pertemuan diadakan ulangan harian dengan menyiapkan kertas kecil seperti diari (lihat warna pink n putih kotak) itu , kita nulis yang diomongkan Sensei dalam aksara Jepang, kalo ada coretan merah, berarti betul semua. Jangan lupa juga, bawa kertas bufalo yang siap dieri kotak, disitu Sensei akan beri tandatangan tuk siapa yang bisa jawab vocab2 dalam basa jepang,, (rumit dahh,,, hapalan teruz,,, belum lagi hafalan tulang2 dalam biologi,, ada patela, lobus frontalis de el el), dan Yang kertas biru itu Ulangan Ujian akhir semster. Lumayan dapat 85.


Resources :
  1. Buku Bhs. Jepang 1 untuk SMA
  2. Catatan Mia;s blog
  3. Dwi Sensei ( Guru Bhs Jepang Millah ketika SMA, beliau pernah ke Jepang dalam rangka student  exchange)
Gadis berkacamata dan berkerudung yang selalu memakai sepatu ala Jepang itu, Beliau orangnya simple, tapi attractive, gaya pembelajaran seolah-olah kita anak TK yang masih belajar abjad dikombinasikan dengan berbagai macam games ala pembelajaran bahasa jepang, sangat sabar dan cekatan ketika mengajar di kelas, meskipun setip pertemuan selalu ada PR hafalan dan menulis 2 lembar huruf kana,,waaauuuww,,sungguh butuh ketabahan dan teliti tuk menulisnya. Dan yang paling menarik, Beliau pernah mengajak foreigner asli jepang yang cantik dan sexy nya mengalahkan Miyabi tuk diajak ke kelas kita,,, temen-temen pada surprised  dan saling mengintip di jendela tuk menunggu giliran kelas mereka dikunjungi (ndeso e kumat….hahahhahah)
Dwi Sensei bisa kita masukkan sebagai kategori Guru Favorit ketika kelas Satu. Miss u Sensei….


Semoga yang baca artikel dari awal sampai akhir ini, diberi jalan oleh sang Pencipta tuk bisa menikmati negri awan alias Jepang, Amin....

Love You,
Meel_lah
頑張ってください

2 komentar:

  1. Wonderful ..
    isi Blognya bagus dan menarik sekali Kakak ..
    Kakak belajar Bahasa Jepangnya Autodidact / courses ?
    saya ingin sekali Bisa Bahasa Jepang ..
    Semoga Cita - cita Kakak dapat terwujud ..
    Arigatou gozaimasu ..
    ( ^ _ ^ )

    BalasHapus
  2. hehehe...

    arigato Rleeta...

    belajar bhs jepangnya cuma setaun waktu klas 1 sma. ayo belajar otodidak bnyak sumber di internet.

    amiinn ya rabb, smoga qt diberi jalan olehNya untuk kesana..

    Ganbatte :)

    BalasHapus