Selasa, 21 Mei 2013

Ojo Lali Rekk, Panganan Asli Pesisir Suroboyo!


Saya tertawa geli saat mendengar ayah bercerita ketika membawakan oleh-oleh makanan khas kota pahlawan kepada teman-temannya di Jogja.

Panganan opo iki cak kok lucu? Yo opo rupane wit e?
(Makanan apa ini cak kok lucu? Bagaimana bentuk tanamannya?

Iki jenenge Kupang lontong + Sate kerang,. Ora ono wit e.
Panganan asli pesisir Suroboyo, ojo lali yo rekk..
(Ini namanya Kupang lontong + Sate Kerang. Tidak ada tanamannya.
Makanan khas pesisir Surabaya, jangan lupa ya rekk…


Secara geografis, Jawa Timur memiliki potensi kelautan yang eksotis. Sebut saja pesisir timur Surabaya, Pantai kenjeran. Keanekaragaman makanan khas pesisir Surabaya diambil dari berbagai bahan dasar hewan laut mulai dari molusca (hewan kecil berukuran biji beras, lunak dan tak bertulang belakang) hingga bandeng asap yang berukuran jumbo. Dan salah satu kuliner legendaris khas pesisir kota pahlawan yang tak boleh dilewatkan adalah Kupang Lontong dan Sate Kerang. Uniknya, meskipun sama-sama berada di pesisir, makanan tersebut tidak dapat ditemukan di pesisir daerah lain.

Ayo rekk mari kita telusuri hidangan Kupang lontong yang lezat dan kaya gizi disini….
Kupang adalah hewan moluska yang hidupnya menempel pada tumbuhan laut berair tenang. Hewan lunak dan tak bertulang belakang ini cenderung bergerombol sehingga memudahkan nelayan untuk menangkap. Ketika air surut, tumbuhan laut sebagai tempat kupang menempel siap dipotong sehingga kupang bisa diambil.
Untuk bisa diolah, kupang yang biasa dijadikan makanan adalah kupang putih (Corbula Faba H) harus direbus dahulu untuk memisahkan isi dari cangkangnya. Kupang matang bisa dilihat dari warna titik hitam dan kemudian bisa disaring
Nah, kini saatnya share resep lontong kupang menjadi hidangan yang mantab jaya.
Bahan:
  • 3 buah lontong, dipotong-potong
  • 250 gr kupang yang sudah dibersihkan
  • 600 ml air
  • 3 siung bawang putih, potong-potong, goring
  • 3 sdm bawang merah goreng
  • 6 bh cabai rawit merah
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt garam
  • 6 sdm petis
  • 1 resep lentho (campuran singkong parut, kacang tolo, kelapa parut, dan bumbu berupa bawang putih, ketumbar, garam, gula, kunyit, daun jeruk. Semua bahan dihaluskan dan dibentuk pipih, kemudian digoreng)
Proses pembuatan:
1.   Rebuslah kupang hingga matang dan tambahkan garam. Kemudian sisihkan. 2) Haluskan bawang putih yang sudah goreng, cabai rawit merah, gula pasir, garam dan petis di piring hidang. 3) Tambahkan hasil perasan air jeruk nipis. 4) Tambahkan 100 ml kaldu dari kuah rebusan kupang. 5) Masukkan irisan lontong di atasnya, dan potongan lentho. Siram dengan kupang dan kuahnya. Kemudian hidangkan dengan taburan bawang merah goreng diatasnya.
Menikmati hidangan ini lebih mantab jika ditambahkan sate kerang. 


Berikut resep sate kerang :
Bumbu sate kerang cukup sederhana seperti bawang merah, bawang putih, kencur, asam jawa, gula pasir, dan garam. Siapkan kerang yang telah diremdam air bersih semalam agar tidak bau laut. Kemudian haluskan bumbu dan rebus dengan kerang dengan sedikit air hingga kering lalu angkat. Isi kerang dikeluarkan dan siap ditusuk dengan tusukan sate. Bakar diatas bara api sesaat.

Kandungan gizi kupang dan kerang :
Selain lezat dan harga terjangkau, kupang juga kaya akan nutrisi yang bisa dibilang melimpah. Salah satunya mengandung 17 macam asam amino. 10 diantaranya adalah asam amino esensial (seperti arginin, treonin, valin, metionin, isoleusin, leusin, fenilalanin, lisin, tripsin, dan histidin) yang tidak dapat diperoleh dari tubuh, melainkkan dari makanan yang dikonsumsi.
Sebagai sumber protein hewani, kupang dan kerang juga tergolong sebagai Complete Protein untuk pembentukan enzim, pembentukan sel organ dan otot, pembentuk hormon, perbaikan sel yang rusak, pengatur metabolisme, pembentuk sistem kekebalan tubuh dan beragam manfaat lain yang meningkatkan kesehatan. Selain itu juga mengandung Vitamin B12 membantu pencernaan makanan, menjaga kesehatan sistem syaraf dan pembentukan sel tulang, asam lemak omega-3 dan omega-6 dalam kerang berfungsi menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah, sehingga baik untuk menurunkan resiko penyakit jantung.
Sebagai makan yang bernutrisi tinggi, maka disarankan untuk ditemani segelas Es Degan Ijo (Es Kelapa Muda) sebagai penetralisir racun yang masuk pada makanan. Terutama bagi yang memiliki alergi setelah makan kupang.

Wow,, betapa lezatnya rekk…

Harga murah tapi kaya nutrisi
Jadi, tidak perlu diragukan lagu sajian legendaries khas pesisir Surabaya ini…
Ingat ya, kupang lontong dan kerang itu bukan dari tanaman ya cakkk…hehehe

Arekk-arek NUB, Ojo lali ya Rekk.. ^_^



Salam Nutrisi Untuk Bangsa

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Jelajah Gizi yang diadakan oleh Nutrisi Untuk Bangsa
Doakan saya menang ya rekk ^_^
 


6 komentar:

  1. Wah,, ga nyangka kupang lontong dan sate kerang ini kaya gizi yang melimpah..
    harus menjadi makanan pokok ini...
    semoga menang!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. siiip,, hidangan khas pantai kenjeran ini memang maknyus..
      aminn, makasi ayu...

      Hapus
  2. wah kayaknya maknyus banget nih sis klo disantap anget"

    BalasHapus
  3. selamat sore non apakabarnya? semoga sehat selalu

    BalasHapus