Selasa, 07 Mei 2013

Mengintip Rahasia Sukses Negeri “Pionir Sejati”


Hai teman!
Hayoo tebak…
Negara mana yang mempunyai sejuta julukan?
Seperti Negeri kincir angin, tulip, kanal, keju hingga sepeda...

Gambar 1 : simbol
Itulah Belanda. Konferensi PBB pun pernah menerbitkan World Happines Report dan Belanda dikategorikan sebagai negeri paling Bahagia keempat di dunia... WOWW!

Ternyata, dibalik kehebatannya ada sebuah rahasia.
Apakah itu?


The key success of Dutch to be Pioneer is transforming the world around them

Sederhana bukan? Bangsa Belanda mengubah dunia di sekelilingnya melalui kepedulian. Sebut saja annual disaster, banjir. Untuk bisa bertahan, mereka terus membangkitkan semangat, berpikir kreatif dan berusaha menciptakan keseimbangan dalam segala aspek kehidupan sehari-hari. Dari situlah inovasi dilakukan sehingga menjadi pionir sejati…

        Selanjutnya, mari mengintip sejarah Belanda menjadi Negeri pionir sejati!

Jika kita menengok masa lalu abad ke-19, Belanda dikategorikan negara “terlamban” dalam proses industrialisasi. Penyebab utamanya pada ketergantungan infrastruktur air dan kekuatan angin.  Karena daratan Belanda di bawah permukaan laut, diciptakanlah kincir angin yang mampu memompa air sampai kering. Sehingga daratan bisa dijadikan hamparan luas pertanian dan peternakan.

Gambar 2 : Lahan pertanian dan peternakan

Untuk memajukan sistem pertanian, riset dilakukan dengan bercocok tanam metode greenhouse. Hasilnya membanggakan! Seperti melonjaknya produksi tomat. Sehingga Belanda dikenal sebagai eksportir tomat terbesar ke-2 di dunia

Gambar 3 : pertanian tomat model greenhouse dengan sistem irigasi mendalam

Ternyata mereka juga unggul dibidang peternakan yakni melimpahnya produksi susu dan keju. Sebagai bentuk apresiasi, dibangunlah museum keju di Alkmaar
 
Gambar 4: Dari susu menjadi keju


Gambar 5 & 6:Pengangkut keju Alkmaar & keju yang dijual


Alhasil, Bloomberg mencatat Belanda sebagai Negara terbaik ke-2 di dunia sebagai Best Place for Business 2012.
Namun sungguh sayang. Tahun 1953, bencana dahsyat menimpa. 1836 nyawa melayang akibat banjir Laut Utara. Puluhan ribu rumah, lahan pertanian dan peternakan tenggelam. Betapa besar kerugian Bangsa Belanda kala itu!
Mereka harus memompa semangat dan kerja keras untuk melindungi bangsa dan negaranya dari genangan air. Dibangunlah rekayasa Hidrolik yang ditemukan dari ide kreatif bangsa Belanda, yakni Maeslantkering (Proyek raksasa Deltaworks sebagai tanggul penahan air laut). Dibentuklah juga kanal-kanal kecil, termasuk disekeliling kota Giethoorn, provinsi Overijssel. Sehingga tercipta keindahan tata kota Belanda.

Gambar 7: Opened Maeslantkering sebagai jalur pelayaran
Gambar 8: Closed Maeslantkering, lengan tertutup secara otomatis

 Gambar 9: keindahan kota Giethoorn dengan rumah khas Belanda

  Gambar 10: Jembatan kanal-kanal kecil sebagai akses penyebrangan

Gambar 11: Perahu kano disetiap lokasi sebagai sarana transportasi umum

 Gambar 12&13: Desain "Floating house"

 
Gambar 13&14: Keindahan kanal di kota Amsterdam 

Kita kembali ke masa lalu yang kelam. Tahun 1970-an, Belanda mengalami krisis energi yang berdampak krisis ekonomi. Permasalahan inilah mendorong Bangsa Belanda dalam pergerakan massa bersepeda sebagai transportasi ramah lingkungan. Diciptakanlah infrastruktur jalur sepeda mulai jembatan penyebrangan, tempat parkir hingga keamanan. Bahkan entrepreneur muda asal Belanda, Taco Carlier, berhasil mengembangkan usaha sepeda lipat, Strida, yang unik dan nyaman. 

Gambar 15: Strida bike
Gambar 16: Cycle path
Gambar 17&18: Apple building sebagai tempat parkir sepeda multi level di Alphen aan den Rijn 


Gambar 19: Tempat parkir sepeda di Amsterdam

Saat musim dingin, dibutuhkan lagi cara menghangatkan jalur sepeda. Lagi-lagi bangsa Belanda harus berpikir kreatif untuk terobosan baru yang bermanfaat. Dutch Cyclists' Union membentuk Cycle Path.

Gambar 20 : Inovasi Penghangatan sepeda dengan pemanasan pipa bawah tanah di trotoar

 Daan Roosegaarde juga mendesain Smart Highway yang berfungsi sebagai penerangan jalan, penghemat biaya pencahayaan, keselamatan dan visibilitas jalan gelap.

Gambar 21: Smart highway dengan konsep "Interactive light"

Gambar 22: Smart highway dengan konsep "Glowing lines"
Gambar 23: Smart highway dengan konsep "Wind light"
Gambar 24: Smart highway dengan konsep "Dynamic Paint"
Video: Kemampuan Smart highway  menjadi GLOW IN THE DARK
Berkat kepedulian mengubah dunia, Dutch pioneering memberikan banyak inspirasi. Hebatnya, Belanda mendapat pengakuan internasional sebagai pelopor di berbagai bidang dan menduduki ranking ke-3 dalam World Reputation Rankings 2012 dan peringkat ke-10 sebagai Negara dengan penerima nobel terbanyak. Pionir sejati telah melekat di hati dan pikiran Belanda untuk selalu berinovasi. Filsuf Perancis, Rene Descartes pun mengatakan :
“God created the world, but the Dutch created Holland”

 
            Betapa hebatnya Belanda! 
            Terbesit asa untuk negeriku tercinta, INDONESIA yang telah dianugrahi berbagai kekayaan alam. Semoga mampu menjadi pionir demi kesejahteraan bangsa dan negara.


2 komentar:

  1. Tulisan ini diikutsertakan kompetiblog2013 oleh Neso Indonesia.

    big thanks for comments n critics...
    #WishMeLuck :)

    BalasHapus