Selasa, 14 Mei 2013

Menengok Srikandi Blogger 2013 : Apresiasi & Aktualisasi Emak-emak Hebat di Era Digital


Hai sobat..
Ayo coba tebak !
Siapakah Wajah-wajah cantik yang terpampang nyata ini?

Gambar 1 (foto diambil dari Bp. Dian Kelana)

Finalis Putri Indonesia kah? Calon Miss Universe? Atau Model busana 2013?

Bukan.....
Nih, saya kasih tau bocoronnya…
Mereka adalah kartini era digital alias Emak2 Blogger yang hebat, selalu eksis, aktif, bahkan telah menorehkan berbagai prestasi luar biasa yang bukan hanya di dunia maya semata, namun juga di dunia nyata. #WOWW…

Mau tau buktinya???

Yuk sob,, mari kita menengok sejenak  bukti nyata  kehebatan mereka dalam Ajang Penganugrahan Acer Srikandi Blogger 2013 :
Gambar 2 (foto FB KEB)

TKP   Tempat Kejadian Acara
               Minggu, 28 April 2013, di Gedung F lantai 6 Kemendiknas, Jl. Jendral Sudirman, Jakarta menjadi saksi suksesnya acara Penganugrahan Srikandi Blogger 2013, Aktualisasi Perempuan di Era Digital yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak-emak Blogger (KEB). Komunitas tersohor yang digandrungi oleh Mak Mira Sahid, Mak Indah Juli, dan Emak-emak hebat lainnya telah berhasil membuktikan pada dunia bahwa di era digital ini wanita juga berhak dan memiliki kesempatan untuk berkarya, mengembangkan diri dengan  potensi yang diminatinya hingga melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar tanpa menomorduakan atau meninggalkan nalurinya sebagai kewajiban Ibu rumah tangga. 

KEBTerus berkembangnya era digital, membuka peluang besar bagi wanita khususnya emak-emak untuk mempelajari teknologi, mengetahui perubahannya, hingga menciptakan keseimbangan antara bekerja, menjadi ibu rumah tangga, dan mengembangkan diri melalui teknologi. Salah satunya Blog sebagai social media, yang bisa dijadikan pengembangan diri wanita untuk menguraikan gagasan dan pemikiran-pemikiran hebat kepada perempuan lain demi kemujuan bersama. Dan kali ini Kumpulan Emak-emak Blogger berhasil membutikannya.
#Ayo tepuk tangan anak-anak!….#prook-prookkk
#Senyum lebarnya mana?

       Seperti halnya Dewi srikandi yang menjadi suri tauladan prajurit wanita, Emak2 Blogger bermula dari tarian jemari menjadi sebuah tulisan inspiratif  yang dituangkan dalam blog pribadi, hingga menjadikan mereka Emak-emak hebat yang patut menjadi cermin dalam penganugrahan Srikandi Blogger 2013, Aktualisasi Perempuan di Era Digital.

Rangkaian indah acara penghargaan acer srikandi 2013 :
            Tarian betawi yang berhasil ditampilkan oleh penari cilik mencuri perhatian penonton.  Tak kalah, Mak WyIvera melantunkan monolog yang menghanyutkan hati audience. Dilanjutkan dengan rangkaian kata sang Master of Ceremony, Bapak Arie Ardiansyah dan Emak Aulia Gurdi mempersilahkan Mak Mira Sahid mengucapkan sepatah kata tentang sejarah dan perkembangan Kumpulan Emak-emak Blogger. Kemudian dilakukan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng sebagai tanda penganugrahan Acer Srikandi 2013 resmi dibuka. Tak lupa, Ibu Astrid warsito, perwakilan ACER Indonesia juga memberikan sambutan singkat tentang big support terhadap Acer Srikandi Blogger 2013 yang merupakan aktualisasi perempuan era digital.

Gambar 3: Mak WyIvera (Foto Bp. Dian Kelana)
 Gambar 4: Master of Ceremony (Foto Fitri Rosdiani)
Gambar 5: Pemukulan Gong (Foto Bp. Dian Kelana)

Gambar 6: Pemotongan tumpeng  (Foto Bp. Dian Kelana)

            Karena banyaknya Emak-emak yang membopong anak-anak dan suaminya, maka berbagai model acara selanjutnya disuguhkan dan dikemas apik. Sebut saja drama “Cerita Dibalik Noda”, fashion show peragawan-peragawati cilik putra-putri Emak, dilanjutkan fashion show busana Emak-emak yang mempesona nan cetarrr membahana olala,, hingga spectacular games seperti live tweet pic, live tweet favorite, lomba busana daerah terbaik dari dress code tamu undangan, hadiah kepada tamu undangan yang rumahnya paling jauh, doorprize undian nomor urut registrasi para tamu, sampai lomba mencuci baju. Hahhaha... Eits,, jangan salah loh,, Rinso juga ikut nimbrung sebagai sponsor.
Gambar 7: Drama Rinso anti noda (Foto Bp. Dian Kelana)

Gambar 8: Peragawan-peragawati cilik (Foto Bp. Dian Kelana)

Gambar 9: Fashion show emak-emak (Foto Bp. Dian Kelana)


Cetarrr mak…
Betapa serunya acara yang digawangi emak-emak ini. Mereka memang TOP CER, amazing women! #prokk-prookk
Gambar 5: Yasmin bernyanyi (Foto Bp. Dian Kelana)

              Masih ada yang heboh lagi loh jenk, putri Mak WyIvera, Yasmin dengan merdunya melantunkan lagu Bunda, by Melly Goeslow. Oya, kali ini juga diputarkan serangkaian kegiatan KEB dalam rangka memperingati ulang tahun perdana Kumpulan Emak-emak Blogger yang berdiri tanggal 18 Januari 2012.

Video Dibalik Dapur KEB

Puncak Penganugrahan Srikandi Blogger 2013, Aktualisasi Perempuan di Era Digital:

Ini lah,, Finalis Emak-emak hebat yang selalu aktif di dunia kepenulisan dan blogging. Mereka telah terpampang nyata menjadi sosok srikandi  inspiratif di dunia maya maupun nyata sebagai cermin perempuan di era digital :
1. Myra Anastasia pemilik http://bundabelajarmenulis.blogspot.com/ adalah Emak hebat dari Jakarta yang pernah meraih Emak Of The Month April 2013. 
(Foto : Dian Kelana)






2. Anazkia pemilik http://www.anazkia.com/ adalah Emak hebat yang bekerja sebagai TKW di Malysia mempunyai program hibah sejuta buku.
(Foto : Dian Kelana)

  



 3. Diadjeng Laraswati pemilik http://laraswati.com/  adalah Emak hebat   asal Jakarta yang bekerja sebagai  karyawati dari kantor pemerintah.
 (Foto : Dian Kelana)







 
4. Dina Begum pemilik  http://dinabegum.wordpress.com/  adalah Emak hebat asal Jakarta yang aktif dalam Himpunan Penerjemah dan mempunyai hobi baca novel, yoga dan merajut.
(Foto : Dian Kelana)


5. Eka Putri pemilik  http://www.morningraindrops.com/ adalah Emak hebat asal Riau yang memperjuangkan Stop kekerasan pada anak.
(Foto: FB Eka Mayya)
                







6. Nchie Hanie   pemilik  http://www.nchiehanie.com/ adalah Emak hebat dari Bandung yang bekerja di jasa optimasi Dewa SEO. 
(Foto : Dian Kelana)









7.  Octaviani Nur Hasanah pemilik http://octavianinurhasanah.net/ adalah Emak hebat asal Sulawesi ini pernah bekerja sebagai penulis skenario FTV (Foto : FB Octaviani Nur Hasanah)
 







8.  Shinta Ries pemilik http://www.shintaries.com adalah Emak hebat asal Jakarta ini ingin menjadi orang yang bermanfaat terutama untuk wanita.
(Foto : Dian Kelana)







                 
 9. Winda Krisnadefa pemilik http://catatankecil-winda.blogspot.com/ adalah Emak hebat asal Bekasi yang ingin mempunyai akses dan dana untuk mengadakan pelatihan menulis fiksi untuk anak-anak sekolah.
(Foto Bp. Dian Kelana)






 
10. Alaika Abdullah pemilik http://www.alaikaabdullah.com adalah Emak hebat asal Bandung yang bekerja di badan kemanusiaan PBB yaitu United Nations Development Progamme (UNDP). 
(Foto : FB Alaika Abdullah)








Saatnya Mak Indah Juli mengumumkan peraih Srikandi Blogger 2013.

Siapa dia???
Trenteng…teng..teng..teng….

Peraih Srikandi Blogger 2013 Kumpulan Emak Blogger : Mak Alaika Abdullah
 (Foto Bp. Dian Kelana)







Peraih Srikandi Blogger Favorite 2013 : Mak Anazkia
 
(Foto Bp. Dian Kelana)






 
Peraih Srikandi Blogger Persahabatan 2013 : Mak Myra Anastasia
 (Foto Bp. Dian Kelana)



 
Peraih Srikandi Blogger Inspiratif 2013 : Mak Haya Aliya Zaki pemilik http://www.hayaaliyazaki.com/ adalah Emak hebat yang bekerja sebagai editor, trainer kepenulisan dan 20 karyanya telah diterbitkan dalam buku solodan antologi
  (Foto Bp. Dian Kelana)



Peraih Livetime Achievement Srikandi Blogger : Mak Yati Rachmat adalah Emak hebat pemilik http://goodcrab-personal.blogspot.com dan di usianya yang senja, 75 tahun ingin belajar lebih maju dengan semangat menulis blog.
 (Foto Bp. Dian Kelana)



Last but not least...
         Gratitude to Makmin KEB (semua tanpa terkecuali) yang telah menuai ide hingga berhasilnya acara penganugrahan Srikandi Blogger 2013 mulai panitia, dewan juri hingga para tamu undangan. Tak lupa berbagai pihak sponsor yang turut andil : Acer Indonesia sebagai favorit brand computer yang telah memberikan hadiah notebook Acer kepada para pemenang. Sebagai pendukung social media dan blogging, laptop menjadi kebutuhan pokok perempuan di era digital. Terlebih sekarang bermunculan smart, practical and sophisticated Tablet. Wah... makin canggih saja dunia ini. Tak tertinggal juga pihak Rinso sebagai pembersih anti noda paling ampuh juga memeberikan kontribusi hadiah hingga membuat Emak2 Blogger makin kepincut. Segenap pihak dan sponsor lainnya big thanks also... 

            Dengan berhasilnya penganugrahan Ajang Acer Srikandi Blogger 2013, hal ini membuktikan bahwa Kumpulan Emak Blogger merupakan wadah yang tepat sebagai bentuk apresiasi dan aktualisasi perempuan Indonesia yang eksis dan hebat di era digital. Bahkan raja kapal yang paling terkenal pada abad ke-20, Aristotle Onassis pun pernah berkata :

If women didn't exist, all the money in the world would have no meaning

Betapa berharga dan hebatnya perempuan dan Kumpulan Emak Blogger
Inspirasi kalian memang selalu dinanti!


Selamat kepada para pemenang dan turut bangga kepada pengurus Kumpulan Emak-emak Blogger yang berhasil mengadakan Acer Srikandi Blogger 2013. Terbesit asa, semoga kita sebagai Emak atau Emak wannabe bisa mengembangkan ilmu, bakat, dan karya hingga menjadi Emak inspiratif bagi generasi penerus bangsa...amiin.

Ayo bangkitkan semangat Mak! Mari kita mengukir aksara positif di dunia digital !

YOU SEE THEIR BEAUTY, BUT THEY SEE THEIR COMPETENCE




Sources :
Foto album Bapak Dian Kelana (ACER-KEB Srikandi Blogger 2013) http://www.facebook.com/media/set/?set=a.618785614816361.1073741831.100000547834777&type=3
Foto Mak Oktaviani Nur hasanah http://www.facebook.com/octanh
Blog dan FB pribadi para pemenang dan finalis

8 komentar:

  1. Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba menulis blog yang diadakan oleh Emak2 Blogger

    http://emak2blogger.web.id/2013/05/01/lomba-menulis-blog-srikandi-blogger-2013-srikandi-blogger-aktualisasi-perempuan-di-era-digital/

    BalasHapus
  2. W O O O W A M A Z I N G . . . ! ! !

    Emak2 yang sangat Cool.. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe,, iyya Emak2 cool di dunia maya dan nyata.

      makasi sudah mampir :)

      Hapus
  3. mantap ... emak - emak yang sangat hebat

    BalasHapus
  4. kereeeeen sekali ini para sroikandi ^_^

    BalasHapus
  5. Selamat siang Mak. Jury visit. Semoga sukses ya :)

    BalasHapus
  6. keren deh, semangat buat KEB, semoga tetap jaya selalu

    BalasHapus
  7. KEB emang tempatnya para srikandi heheh :D

    BalasHapus